"Seorang produsen pandai menempatkan media iklan yang tepat untuk produknya. Jalan raya yang biasa dilalui orang pulang kerja, lebih pantas jika ditampilkan iklan yang menawarkan produk –produk stamina, sabun mandi, atau produk kesehatan.
Pendapat di atas bisa saja kita anggap berlebihan. Tapi terlepas dari hal itu, ada sisi lain yang seharusnya kita lihat dari tujuan beriklan/promosi:
TUJUAN PERIKLANAN
1. Penampilan (exposure)
Jika tiap kali terbit majalah Tempo dibaca oleh 100.000 orang, maka iklan yang dimuat di majalah tersebut mencapai penampilan 100.000. namun hal ini tidak berarti iklan tersebut dibaca oleh 100.000 orang.
2. Kesadaran (awareness)
Jika dari penampilan 100.000 itu, 65% membaca iklan tersebut maka berarti iklan tersebut mencapai kesadaran sebanyak 65% x 100.000 = 65.000.
3. Sikap (attitude)
Jika dari kesadaran 65.000 itu kemudian 50% tertarik pada iklan tersebut dan mengambil sikap, berarti iklan tersebut mencapai sikap sebesar 50% x 65.000 = 32.500.
4. Tindakan (action)
Jika dari jumlah sikap itu kemudian 80% membeli, hal ini berarti bahwa produk yang diiklankan berhasil mencapai penjualan sebesar 80% x 32.500 = 26.000.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENJUALAN
- Iklan
- Distribusi
- Harga
- Kemasan
- Penampilan Produk
- Mutu Barang
- Merek
- Selera Pasar
0 komentar:
Posting Komentar